Sambutan Ketua Prodi

Sambutan Ketua Prodi

mesin-fti-univ-trisakti_Daisman Purnomo Bayyu Aji, S.T., Ph.D.

Daisman Purnomo Bayyu Aji, S.T., Ph.D.

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua.

Selamat datang di halaman official website Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti.
Jurusan Teknik Mesin FTI Usakti berdiri pada tanggal 29 November 1965 bertepatan dengan lahirnya Universitas Trisakti sebagai pengganti Universitas Res-Publika berdasarkan Keputusan Menteri No. 014/DAR/1965 dan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 558/DIKTI/KEP/1993.

Jurusan Teknik Mesin FTI Usakti mempunyai visi menjadi Jurusan Teknik yang andal, berstandar internasional dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan keteknikan mesin yang ramah lingkungan untuk meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.
Sedangkan untuk misi Kami Jurusan Teknik Mesin Universitas Trisakti :

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi berstandar internasional di bidang keteknikan mesin yang ramah lingkungan.
  2. Menyiapkan lulusan yang berpengetahuan, berbudi luhur sesuai dengan Trikrama Trisakti dan berjiwa wirausaha berbasis keteknikan mesin.
  3. Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mendorong peningkatan kinerja dosen dan kualitas hidup masyarakat.
  4. Meningkatkan kompetensi sumber daya manusia yang andal, berbudi luhur sesuai dengan Trikrama Usakti dan melakukan publikasi ilmiah dengan standar internasional
  5. Meningkatkan kesejahteraan dan kenyamanan seluruh mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan.

Sarjana Teknik Mesin dibutuhkan pada semua sektor penghidupan. Sejak awal berdirinya sampai Tahun Akademik saat ini Jurusan Teknik Mesin telah meluluskan lebih dari 3000 orang Sarjana Teknik Mesin yang tersebar diseluruh Indonesia bahkan mancanegara dengan berbagai pilihan karier. Bidang kerja dan profesi yang dipilih sangat beragam mulai dari pejabat negara, PNS, profesional dengan lingkup kerja meliputi perusahaan nasional dan multinasional, presenter TV dan beragam profesi lain.

Di Jurusan Teknik Mesin FTI Usakti terdapat 4 peminatan, yaitu: Konversi Energi, Konstruksi Mesin, Teknik Produksi Pembentukan dan Material, dan Teknik Manufaktur. Peminatan Konversi Energi membahas mesin-mesin energi dan energi terbarukan. Peminatan Konstruksi Mesin bergerak pada bidang rancang bangun mesin-mesin. Sementara peminatan Manufaktur berkecimpung dalam teknologi proses baik konvensional maupun non konvesional. Peminatan material bergerak dalam proses pembuatan material dan pengembangan material lanjut (advanced material).

Dalam mewujudkan visi dan misinya, Jurusan Teknik Mesin FTI Usakti didukung oleh para dosen tetap berpendidikan S2 dan S3, mempunyai 2 studio, 7 laboratorium jurusan, dan 2 laboratorium bersama.

Marilah memajukan negeri dengan bergabung bersama kami untuk membangun masa depan bersama yang lebih cerah.

Ketua Program Studi Teknik Mesin,
Daisman Purnomo Bayyu Aji, S.T., Ph.D.