Sistem Pendidikan

Sistem Pendidikan

Sistem pendidikan seluruh  Program Studi  di lingkup Universitas Trisakti adalah Sistem Kredit Semester (SKS), yang dapat didefinisikan sebagai sistem penyelenggaraan pendidikan yang menggunakan satuan kredit semester (sks) untuk menyatakan beban studi mahasiswa, pengalaman belajar mahasiswa, beban kerja dosen, dan beban penyelenggaraan program.

Kurikulum yang digunakan oleh semua Program Studi yang ada dalam lingkup Universitas Trisakti adalah kurikulum berbasis kompetensi yang mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Adapun karakteristik proses pembelajaran yang dilakukan bersifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa sehingga mahasiswa menjadi subjek belajar atau student center learning (SCL). SCL bertujuan menerapkan prinsip belajar sepanjang hayat (life long learning) dengan mempelajari keterampilan yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan diri secara mandiri.

Metode pembelajaran yang digunakan adalah ”Cooperative” and ”Collaborative Learning System” yang lebih mengarahkan mahasiswa kepada active learning.