Berita

Berita Thumbnail
Senin, 21 Maret 2022
Oleh: adminmesin

Pameran Virtual Perdana Produk Capstone Design

Sabtu, 19 Maret 2022 Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti mengadakan pameran produk Capstone Design. Kegiatan ini merupakan pameran produk Capstone Design yang diselenggarakan untuk pertama kalinya.

Mengingat masih dalam suasana pandemi COVID 19, maka acara dilaksanakan secara daring lewat Zoom Meeting. Berlangsung dari jam 10.00–12.30 WIB.

Acara dihadiri oleh dekan Fakultas Teknologi Industri, ketua jurusan Teknik Mesin, para dosen, mahasiswa, serta alumni.

Pada pameran perdana ini, ditampilkan produk-produk Capstone Design 2 hasil karya para mahasiswa semester gasal TA 2021/2022. Dilanjutkan dengan testimoni peserta, pembimbing, serta tanya jawab dengan hadirin.

Sebagai informasi, Capstone Design adalah mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa yang mengambil program S1 Teknik Mesin FTI Universitas Trisakti. Di sini mahasiswa bekerja dalam tim untuk merancang, membuat, serta menguji prototipe berupa produk yang bisa diaplikasikan pemakaiannya di dunia nyata. Capstone Design adalah mata kuliah baru sebagai pengganti mata kuliah Perancangan Mesin (PM), yaitu PM1 dan PM2.

Mata kuliah Capstone Design sendiri diberikan dalam 2 tahap, yaitu Capstone Design 1 (CD1) dan Capstone Design 2 (CD2). CD1 bisa diambil di semester 6. Di mata kuliah ini, tim yang terdiri dari beberapa mahasiswa merancang prototipe produk berdasarkan disiplin ilmu yang sudah dipelajari di semester-semester sebelumnya, antara lain mata kuliah Menggambar Mesin dan Elemen Mesin.

Sedangkan CD2 merupakan kelanjutan CD1, bisa diambil di semester 7. Mata kuliah CD2 lebih menekankan pada aplikasi dari CD1, yang mana dari rancangan dapat diwujudkan dalam bentuk produk jadi yang bisa diaplikasikan di dunia nyata. Di setiap akhir semester, baik CD1 maupun CD2 diuji kelayakannya oleh tim yang terdiri dari dosen penguji dalam sidang Capstone Design.

Produk-produk hasil CD2 yang dinyatakan lulus ditampilkan dalam pameran produk Capstone Design.

Semoga pameran perdana ini manjadi awal untuk pameran selanjutnya yang bisa diadakan secara rutin setiap tahun dengan produk-produk yang lebih baik, variatif, serta menantang.