Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran

Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran

Visi dan Misi Jurusan Teknik Mesin diturunkan dari visi dan misi Fakultas Teknologi Industri dan Universitas Trisakti yang merupakan induk dari Jurusan Teknik Mesin.

Visi

Menjadi Jurusan Teknik yang andal, berstandar internasional dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan keteknikan mesin yang ramah lingkungan untuk meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi berstandar internasional di bidang keteknikan mesin yang ramah lingkungan.
  2. Menyiapkan lulusan yang berpengetahuan, berbudi luhur sesuai dengan Trikrama Trisakti, dan berjiwa wirausaha berbasis keteknikan mesin.
  3. Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mendorong peningkatan kinerja dosen dan kualitas hidup masyarakat.
  4. Meningkatkan kompetensi sumber daya manusia yang andal, berbudi luhur sesuai dengan Trikrama Trisakti, dan melakukan publikasi ilmiah dengan standar internasional
  5. Meningkatkan kesejahteraan dan kenyamanan seluruh mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan.

 

Tujuan

Rumusan Nilai Luhur, Visi dan Misi tersebut di atas, selanjutnya diterjemahkan ke dalam tujuan operasional Jurusan Teknik Mesin sebagai berikut:

  1. Menjadi jurusan yang andal berstandar internasional dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan keteknikan mesin yang ramah lingkungan.
  2. Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang keteknikan mesin yang berbudi luhur sesuai dengan Trikrama Trisakti dan berjiwa wirausaha berbasis teknologi.
  3. Menghasilkan karya penelitian terutama yang berbasis teknologi tepat guna untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
  4. Menghasilkan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang diakui ditingkat nasional untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
  5. Meningkatkan disiplin dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia, baik tingkat pendidikan maupun tingkat keahliannya.
  6. Meningkatkan daya dukung sarana dan prasarana serta pemanfaatan jejaring kerja sama dengan segenap pemangku kepentingan.

 

Sasaran

  1. Mempertahankan akreditasi A standar BAN PT dan menuju kriteria AUN-QA.
  2. Penerapan 5 pilar dalam tata pamong institusi yang baik.
  3. Jumlah mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Usakti yang terlibat dalam program kerjasama Tridharma  1% dari total populasi.
  4. Peningkatan prestasi lulusan dengan indeks prestasi minimal 3,25; 60% lulus tepat waktu;, dapat diserap oleh industri atau merintis usaha mandiri dalam waktu maksimal 6 bulan setelah lulus.
  5. Peningkatan kualitas dosen dan tenaga kependidikan untuk menjadi profesional dan berprestasi (dosen bersertifikat pendidik 70 %; bergelar Doktor 50%; berjenjang jabatan akademik Lektor Kepala dan Guru Besar 30%, sedangkan tenaga kependidikan berpendidikan D-III 10% dan 15 % bersertifikat kompetensi).
  6. Peningkatan kinerja penelitian dan PKM (publikasi karya ilmiah pada jurnal nasional atau jurnal internasional 1 karya ilmiah per dosen per tahun; penyerapan anggaran penelitian minimal Rp. 5.000.000,00 per dosen per tahun; penyerapan anggaran PKM minimal Rp. 2.000.000,00 per dosen per tahun.
  7. Peningkatan mutu sarana dan prasarana akademik maupun non akademik (tersedia, lengkap, memadai dan andal, sesuai standar) dan suasana akademik yang lebih kondusif.

Kompetensi lulusan yang dihasikan oleh Jurusan Teknik Mesin (JTM) adalah lulusan dengan kompetensi Teknik Mesin secara umum (generalis) tetapi untuk memfokuskan penelitian  dan pembuatan tugas akhir, maka mulai semester 7 mahasiswa diwajibkan memilih salah satu dari 4 kelompok peminatan studi/konsentrasi.